Senin, 28 November 2011

Kali Pesanggrahan Riwayatmu kini...

Jakarta - Memancing di air keruh. Kalimat itu bisa berarti kiasan. Namun bagi warga di sekitar Kali Pesanggrahan, mereka benar-benar memancing di air keruh. Waktu berlalu dan sungai semakin kotor.

Kegiatan susur Kali Pesanggrahan dilakukan peserta acara HSBC Green Festival the Hidden Value of Forest di Sanggabuana, Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (25/6/2011).

Pantauan detikcom di lokasi, sampah tampak di beberapa titik di pinggiran kali. Ada banyak batu-batu yang ditaruh di pinggiran kali sehingga membuat badan kali lebih sempit.

Andi (55) warga Pesanggrahan, menjadi saksi bertapa sungai ini sudah sangat berubah dari sejak dia muda. Andi kini benar-benar memancing di air keruh.

Bertahun-tahun Andi memancing di kali yang kini sudah berserakan sampah di beberapa titik itu. Meski airnya sudah berwarna kecoklatan, Andi tetap optimis bisa mendapatkan ikan sekedar buat makan sehari-hari.

"Ini lagi mancing. Ya kadang-kadang sih dapat ikan. Biarpun nggak banyak kayak dulu. Lumayan buat makan," kata Andi saat ditemui detikcom di Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2011).

Menurut Andi, kondisi Kali Pesanggrahan memang sangat jauh berbeda dari yang dulu. Andi yang sejak lahir dan besar di lingkungan Kali Pesanggrahan mengaku sudah tidak bisa lagi mendapatkan ikan-ikan yang besar.

"Jauh berbeda. Dulu saya bisa mandi, mancing ikan bisa banyak. Sekarang ini sudah nggak bisa," lirihnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More